Program Kerja Ambalan
PROGRAM KERJA
KEGIATAN
EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
GUGUS
DEPAN 25.089 – 25.090
TAHUN
PELAJARAN 2018/2019
IMPLEMENTASI
KURIKULUM 2013
![]() |
Disusun Oleh
GERAKAN PRAMUKA
KWARTIR CABANG KABUPATEN SUKABUMI
KWARTIR RANTING SIMPENAN
GUDEP 25.089-25.090
PANGKALAN SMAN 1 SIMPENAN
Jl. Binakarya Desa Cidadap Kec. Simpenan
Kab. Sukabumi
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami ucapkan ke
hadirat Allah SWT, atas rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan
penyusunan Progran Kerja Ektsrakurikuler Pramuka Gugus Depan Pangkalan SMAN 1 SIMPENAN pada tahun ajaran 2018/2019.
Program kerja ini merupakan
acuan bagi Pembina Pramukan serta Dewan Kerja Ambalan Pengkalan SMAN 1 Simpenan
untuk menjalankan aktivitas atau kegiatan kepramukaan di lingkungan SMAN 1
Simpenan.
Diharapkan dengan selesainya
penyusunan program kerja ini pelaksanaan kegiatan kepramukaan pada Gudep 25.089
– 25.090 Pangkalan SMAN 1 Simpenan dapat terarah, terencana dan berhasil dengan
baik sehingga berkontribusi postif bagi
peningkatan mutu pendidikan di lingkungan SMAN 1 Simpenan.
Kami menyadari bahwa dalam
penyusuan program kerja ini masih jauh dari sempurna. Oleh sebab itu saran dan
kritik yang membangun akan kami harapkan demi kesempurnaan Progran Kerja
Ektsrakurikuler Pramuka Gugus Depan 25.089 – 25.090 Pangkalan SMAN 1 Simpenan Akhirnya semoga program kerja ini
bermanfaat bagi kita semua.
Simpenan, Juli 2018
Team
Penyusuan
DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL ………………………………………………………..
|
i
|
||
HALAMAN
PENGESAHAN ……………………………………………..
|
ii
|
||
KATA
PENGANTAR ………………………………………………………
|
iii
|
||
DAFTAR
ISI …………………………………………………………………
|
iv
|
||
BAB I
|
:
|
PENDAHULUAN …………………………………………..
|
1
|
|
|
A. Latar Belakang ……………………………………………
|
|
|
|
B. Dasar Kegiatan ……………………………………………
|
|
|
|
C. Tujuan ……………………………………………………..
|
|
|
|
D. Sasaran …………………………………………………….
|
|
BAB II
|
|
VISI MISI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA GUGUS DEPAN PANGKALAN TULIS NAMA PANGKALAN
ATAU NAMA SEKOLAH......
A. Visi Gudep Tulis nama pangkalan atau nama
sekolah......
B. Misi Gudep Tulis nama pangkalan atau nama
sekolah......
|
|
BAB II
|
:
|
PROGRAM EKSTRAKURIKULER PRAMUKA ……
|
|
|
|
A. Program Umum…………………………. ………………
|
|
|
|
1. Bidang
Kegiatan dan Latihan Peserta Didik ………….
|
|
|
|
2. Bidang
Pendidikan Orang Dewasa …………………….
|
|
|
|
3. Bidang
Sarana dan Administrasi ………………………
|
|
|
|
4. Bidang
Keuangan ………………………………………
|
|
|
|
B. Penjabaran Program dalam Semester
…………………….
|
|
|
|
C. Penjabaran Masing-Masing Program
……………………
|
|
|
|
D. Silabus
Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Gudep Tulis nama pangkalan atau nama sekolah......
|
|
|
|
|
|
BAB III
|
:
|
ORGANISASI DAN TATA KELOLA
|
|
|
|
A. Susunan Majelis Pembimbing Gugus
Depan …………..
|
|
|
|
B. Susunan Pengurus Dewan Kerja
Penggalang …………..
|
|
|
|
C. Dewan Kehormatan Penggalang
………………………..
|
|
|
|
D. Struktur Organisasi Gudep ………………….
E. Pengelompokkan Peserta / Anggota
F. Pelaksanaan Latihan / Kegiatan
|
|
|
|
|
|
BAB IV
|
:
|
PENUTUP …………………………………………………..
|
|
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pendidikan Kepramukaan
merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang wajib dilaksanakan di sekolah. Kegiatan
dilaksanakan melalui Gugus Depan Gerakan Pramuka yang berpangkalan disekolah.
Melalui pendidikan Kepramukaan ini dapat dilakukan pembinaan ketaqwaan terhadap
Tuhan Yang Maha Esa. Kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila,
pendidikan pendahuluan bela Negara, kepribadian dan budi pekerti luhur,
berorientasi, pendidikan kewiraswastaan, kesegaran jasmani dan daya kreasi,
persepsi, apresiasi dan kreasi seni.
Gerakan pramuka sebagai
satu-satunya wadah kegiatan kepanduan di sekolah merupakan tempat pendidikan
bagi anak-anak yang dilaksanakan dengan penuh kegembiraaan, penuh pendidikan
dan dilakukan di luar jam-jam sekolah maupun jam-jam keluarga. Sebagai
satu-satunya kegiatan kepanduan, pramuka diharapkan dapat memberikan peranan
penting dalam peningkatan dan pembentukan sikap dan mental peserta didik pada
sikap yang baik. Sikap baik dalam arti berakhlaq mulia, sopan santun, rasa
cinta kasih sesama, patriot, suci dalam segala pikiran maupun perbuatan,
bertaqwa kepada tuhannya, dan segala sikap yang lain. Pendek kata diharapkan
anggota pramuka dapat melaksanakan Dasa Dharma dan Tri Satya yang merupakan
kode etik dan janji pramuka.
Untuk lebih berperan aktif dalam pembentukan sikap, dalam gerakan pramuka
perlu adanya keseragaman langkah bagi pengelola gerakan pramuka yang tergabung
dalam suatu gugus depan. Ada
keterkaitan erat antara siswa didik sebagai anggota pramuka, pembina pramuka
dan unsur majelis pembimbing gugus depan. Tanpa kerja sama yang baik dari
unsur-unsur tersebut rasanya tidak mungkin pramuka berperan aktif dalam
pembentukan sikap peserta didik.
Oleh sebab itu untuk penyelarasan dan penyeragaman langkah, perlu disusun
suatu program kerja gugus depan yang berisikan segala sesuatu yang dapat
mengatur langkah dan gerak dari gugus depan tersebut. Program kerja sebagai
rambu-rambu pelakasanaan kegiatan kepanduan di sekolah merupakan acuan yang
wajib dilaksa-nakan oleh unsur-unsur pengelola gugus depan tersebut.
B.
Dasar Kegiatan
Yang menjadi dasar
penyusunan program kerja gugus depan pramuka adalah:
1.
Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun
1961 tentang Gerakan Pramuka
2.
Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 107
Tahun 1985 tentang Petunjuk Penmyelenggaraan Gerakan Pramuka di Gugus Depan
3.
Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 041
tahun 1985 tentang Petunjuk Pelaksanaan Administrasi Satuan Pramuka.
4.
Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 57 Tahun 1988
tentang Pengesahan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka
5.
Keputusan Kwartir Nasonal Gerakan Pramuka Nomor 107
Tahun 1999, tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka
6.
Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 045
Tahun 2003 tentang Pokok-pokok Pengorganisasian Gerakan Pramuka.
7.
Program kerja sekolah yang dijabarkan dalam program
kerja urusan kesiswaan Tulis nama pangkalan atau nama sekolah...... tahun
pelajaran 20..../20....
C.
Tujuan
Tujuan yang hendak dicapai
dengan disusunnya program kerja ini:
1.
untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, khususnya di
bidang pembinaan kesiswaan dalam pembentukan watak dan kepribadian siswa
melalui kegiatan kepramukaan
2.
Untuk memberikan arahan kepada pelaksana gugus depan
agar pelakasanaan kinerja gugus depan dapat berjalan dengan baik.
3.
Sebagai sarana untuk peningkatan mutu pendidikan
kepramukaan di sekolah.
D.
Sasaran
Sasaran pelaksanaan program
kerja ini adalah unsur-unsur yang terdapat dalam suatu gugus depan yang
meliputi:
1.
Unsur Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang
diketuai oleh Kepala Sekolah sebagai penguasa tertinggi di sekolah yang dibantu
dengan Urusan Kesiswaan, Urusan Kurikulum dan unsur guru yang ditunjuk.
2.
Unsur Pembina Pramuka yang merupakan unsur pelaksana kegiatan
secara teknis dalam suatu gugus depan yang meliputi Instruktur Pramuka, pelatih
atau anggota pramuka yang minimal mempunyai sertifikat Kursus Mahir Dasar (KMD)
3.
Para pembantu pembina
yang meliputi anggota penegak, pandega dan unsur lain yang mempunyai keinginan
untuk menjadi anggota pramuka dengan baik.
4.
Peserta didik yang menjadi obyek pendidikan kepramukaan
di sekolah yang terbagi dalam siaga, penggalang, penegak dan pandega sesuai
dengan tingkat umur peserta didik.
BAB II
VISI MISI EKSTRAKURIKULER
PRAMUKA
Mengacu pada Lampiran III Peraturan Menteri Pendidikan
Dan Kebudayaan Republik Indonesia
Nomor 81a Tahun 2013
Tentang Implementasi Kurikulum berkaitan
dengan Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler perlu adanya visi misi kegiatan ektrakulikuer.
Adapun Visi Misi kegiatan ekstrakurikluer Pramuka pada Gudep 25.089 – 25.090
adalah sebagai berikut:.
A Visi :
Visi gugus depan pangkalan
SMAN 1 Simpenan adalah: Pengembangan Potensi Bakat, Minat Serta Mental dan
Moral yang Berlandasan IMTAQ dan IPTEK.
B Misi :
Sedangkan misi gugus
depan pangkalan SMAN 1 Simpenan
1.
Menyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam rangka
meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta ilmu
pengetahuan dan teknologi sesuai tuntutan jaman Menyelenggarakan kegiatan
kepramukaan dalam rangka meningkatkan pengembangan potensi, bakat dan minat.
2.
Menyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam rangka
meningkatkan sikap, mental dan moral yang berkarakter.
3.
Melaksanakan kegiatan kepramukaan yang berorientasi
pada pencapaian prestasi.
4.
Melaksanakan kegiatan kepramukaan yang berorientasi
kepada pengembangan pola pikir dan nalar, serta keterampilan.
BAB III
PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER
PRAMUKA
Program kerja Ekstrakurikuler Pramuka
SMAN 1 Simpenan dapat dijelaskan dan dirinci sebagai berikut didasarkan pada
waktu pelaksanaan program. Masing-masing kelompok program terbagi dalam
beberapa bidang kegiatan. Adapun pembagian kelompok program tersebut adalah
sebagai berikut:
A. Program Umum
1. Bidang Kegiatan dan Latihan Peserta Didik
a.
Penerapan Sistem Blok Pembinaan Keparamukaan, berupa: Masa
Orientasi Anggota Baru selama 3 hari, yang pelaksanaannya dilakukan pada awal
semester gasal dengan sasaran siswa kelas X.
b.
Penerapan Sistem Reguler Pembinaan Kepramukaan, melalui
kegiatan:
1)
Latihan Rutin
2)
Pencapaian SKU
3)
Pencapaian SKK
·
2 macam SKK Agama
·
2 macam SKK Patriotisme dan Seni Budaya
·
2 macam SKK Ketangkasan dan Kesehatan
·
2 macam SKK Ketrampilan dan Teknik Pembangunan
·
2 macam SKK Sosial, Perikemanusiaan, Gotong
Royong, Ketertiban Masyarakat, Perdamaian Dunia dan Lingkungan Hidup
4)
Peningkatan mutu latihan pramuka penggalang meliputi
jenjang:
a)
Ramu
b)
Rakit
c)
terap
5)
Gladian Pemimpin Regu ( 1 kali )
6)
Perkemahan Sabtu Minggu ( 2 kali )
7)
Penjelajahan dan Survival Game
8)
Perkemahan Jauh dan Pengembaraan ( 1 kali )
9)
Lomba Tingkat I ( 1 kali )
10) Bakti
Masyarakat ( 2 kali )
11) Pengiriman
regu penggalang ke tingkat Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Kwartir
Nasional
12) Kegiatan
dengan gugus depan lain ( latihan gabungan )
13) Musyawarah
Gugus Depan
2. Bidang Sarana dan Administrasi
Mengusahakan tersedianya kelengkapan administrasi dan sarana
penunjang kegiatan Gugus Depan yang meliputi :
a.
Buku Induk Gugus Depan
b.
Stempel Gugus Depan
c.
Buku Jurnal Kegiatan Harian / Mingguan
d.
Buku Administrasi Keuangan
e.
Daftar Inventaris Gugus Depan
f.
Buku Tamu Gugus Depan
g.
Laporan Semester Gugus Depan
h.
Catatan Peristiwa Penting Gugus Depan ( Log Book )
i.
Pengadaan Tenda Pramuka
j.
Pengadaan alat pionering yang meliputi :
1)
tali pramuka
2)
tongkat
k.
Bendera Gugus Depan yang meliputi:
1)
Bendera Tunas Kelapa
2)
Bendera Pramuka Sedunia Putra
3)
Bendera Pramuka Sedunia Putri
l.
Bendera Semaphore dan Morse
m.
Papan Nama Gugus Depan
n.
Sanggar Bakti Pramuka
3. Bidang Keuangan
Pengelolaan dana kegiatan yang bersumber dari:
a.
Alokasi dana dari BOS
b.
Sumbangan lain yang tidak mengikat
4. Bidang Pendidikan Orang Dewasa
a.
Pengiriman pembina untuk kegiatan Kursus Pembina yang
diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang
b.
Pengiriman pembina untuk pertemuan-pertemuan yang
diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang
c.
Pertemuan-pertemuan Gugus Depan yang dihadiri oleh
MABIGUS
B. Penjabaran Program dalam Semester
Penjabaran program dalam semester gugus depan pangkalan Tulis nama pangkalan atau nama
sekolah...... dapat dijabarkan sebagai berikut:
PROGRAM KERJA
GUGUS DEPAN SEMESTER GANJIL
BULAN : JULI 2017
SAMPAI DENGAN DESEMBER 2017
No
|
KEGIATAN
|
BULAN KE
|
KET
|
|||||
Jul
|
Ags
|
Sept
|
Okt
|
Nop
|
Des
|
|||
1.
|
Masa Orientasi Anggota
Baru (system Blok)
|
|
X
|
|
|
|
|
|
2.
|
Latihan Rutin (Sistem
Reguler)
|
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|
3.
|
Ujian SKU Penggalang Ramu
|
|
X
|
X
|
X
|
|
|
|
4.
|
Ujian SKU Penggalang Rakit
|
|
|
X
|
X
|
X
|
|
|
5.
|
Ujian SKU Penggalang Terap
|
|
|
|
X
|
X
|
X
|
|
6.
|
Ujian SKK
|
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|
7.
|
Gladian Pemimpin Regu
|
|
|
X
|
|
|
|
|
8.
|
Perkemahan Dekat ( Persami
)
|
|
X
|
|
|
X
|
|
|
9.
|
Penjelajahan dan Halang
Rintang
|
|
|
X
|
|
|
|
|
10.
|
Bakti Masyarakat
|
|
|
|
|
X
|
|
|
11.
|
Latihan gabungan
|
|
X
|
|
|
X
|
|
|
12.
|
Lomba Tingkat I
|
|
|
|
|
|
X
|
|
13.
|
Laporan Semester ke
Kwartir Ranting
|
|
|
|
|
|
X
|
|
14
|
Mengikuti kegiatan di
Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional
|
Menyesuaikan
|
|
PROGRAM KERJA
GUGUS DEPAN SEMESTER GENAP
BULAN : JANUARI 2018
SAMPAI DENGAN JUNI 2018
No
|
KEGIATAN
|
BULAN KE
|
KET
|
|||||
Jan
|
Peb
|
Mar
|
Apr
|
Mei
|
Jun
|
|||
1.
|
Latihan Rutin (Sistem
Reguler)
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|
|
2.
|
Ujian SKU Penggalang Ramu
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|
|
|
3.
|
Ujian SKU Penggalang Rakit
|
|
|
X
|
X
|
X
|
|
|
4.
|
Ujian SKU Penggalang Terap
|
|
|
|
X
|
X
|
|
|
5.
|
Ujian SKK
|
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|
6.
|
Gladian Pemimpin Regu
|
|
|
|
|
|
X
|
|
7.
|
Perkemahan Dekat ( Persami
)
|
|
|
|
X
|
|
|
|
8.
|
Penjelajahan dan Halang
Rintang
|
|
X
|
|
|
X
|
|
|
9.
|
Bakti Masyarakat
|
|
|
|
|
|
X
|
|
10.
|
Latihan gabungan
|
|
|
|
|
X
|
|
|
11.
|
Laporan Semester ke
Kwartir Ranting
|
|
|
|
|
|
X
|
|
12.
|
Pemilihan pramuka terbaik
|
|
|
|
|
X
|
|
|
13.
|
Musyawarah Gugus Depan
|
|
|
|
|
|
X
|
|
14.
|
Perkemahan jauh dan
Pengembaraan
|
|
|
|
|
|
X
|
|
15.
|
Mengikuti kegiatan di
Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional
|
Menyesuaikan
|
|
C. Penjabaran Masing-Masing Program
1.
Latihan Rutin Pramuka
Dalam melakukan kegiatan latihan rutin dapat dirinci sebagai
berikut :
a.
Latihan rutin dilakukan setiap hari Sabtu dimulai pukul
14.00 WIB dan diakhiri pukul 16.30 WIB
b.
Latihan rutin dilakukan dengan pemberian materi SKU dan
SKK beserta praktek lapangan
c.
Pemberi materi adalah Pembantu Pembina (penegak) dan
Pembina Pramuka.
d.
Rincian materi latihan rutin adalah :
1)
Sejarah Pramuka
2)
Dasa Dharma dan Trisatya
3)
PBB dan Upacara Pramuka
4)
Sandi pramuka (huruf rahasia)
5)
Semaphore
6)
Kompas
7)
Pionering, tali temali, macam-macam ikatan
8)
Api Unggun
9)
Tata Boga
10)
Hasta karya Pramuka
11)
Lambang Gerakan Pramuka dan Struktur Organisasi Kperamukaan
12)
Musyawarah dan Mufakat
13)
Tanda Jejak, Peta
14)
P3K
15)
Penjelajahan dam Permainan Pramuka
16)
Lagu Wajib dan Lagu Daerah
17)
Bakti karya
18)
Kegiatan lain yang berupa kegiatan insidental dan
spontan
2.
Musyawarah Gugus Depan
1)
Musyawarah Gugus Depan (Mugus) adalah bentuk kegiatan
musyawarah yang dilakukan anggota gugus depan untuk menentukan kelangsungan
hidup gugus depan.
2)
Dalam kegiatan ini dirumuskan :
1)
Susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan
2)
Susunan Pembina Gugus Depan
3)
Susunan Pengurus Gugus Depan (Dewan Kerja Penggalang)
3)
Peserta dalam kegiatan Musyawarah Gugus Depan (MUGUS)
adalah:
1)
Perwakilan Anggota yang meliputi Pinru dan Wapinru
setiap regu
2)
Pemimpin Regu Utama (Pratama) putra dan putri
3)
Pembina pramuka
4)
Pembantu pembina yang terdiri para pramuka penegak
5)
Unsur Mejelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang
meliputi Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Pembina OSIS, dan unusur guru
yang membidangi ekstrakurikuler Pramuka.
6)
Unsur Komite Sekolah
7)
Unsur Tokoh Masyarakat sekitar Gugus Depan
8)
Unsur Kwartir Ranting diantaranya Andalan Ranting
Urusan Penggalang
4)
Kegiatan ini bisa dilakukan bersamaan dalam bentuk
kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu di sekolahan.
3.
Kegiatan Perkemahan
a.
Perkemahan Sehari (Persari)
1)
Kegiatan Persari dilaksanakan pada bulan kedua dan
kelima pada masing-masing semester
2)
Kegiatan ini biasanya dimulai pukul 07.00 WIB dan
diakhiri pada pukul 15.00 WIB (dalam satu hari)
3)
Kegiatan ini meliputi :
·
Penjelajahan dan halang rintang
·
Kegiatan latihan gabungan
·
Kegiatan kunjungan ke tempat rekreasi (Trowulan,
Gunung Pucangan, Wonosalam, dll)
·
Latihan Dasar Kepemimpinan
·
Lomba Tingkat I
b.
Perkemahan Dekat (di Sekolah)
1)
Kegiatan Persami dilaksanakan pada bulan ke empat
tiap-tiap semester
2)
Bentuk kegiatan adalah kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu
yang dimulai pada pukul 14.30 WIB (sabtu) dan diakhiri pada pukul 09.00 WIB
(Minggu)
3)
Macam-macam kegiatan yang dapat dimasukkan dalam
kegiatan Persami adalah :
·
Penerimaan tamu pasukan (anggota baru)
·
Kegiatan Pelantikan Kenaikan Tingkat
·
Kegiatan Musyawarah Gugus Depan (MUGUS)
·
Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)
c.
Perkemahan Jauh (di luar sekolah/diluar kabupaten)
1)
Kegiatan ini dilakukan pada Akhir Semester
2)
Pada semester ganjil (pertama) kegiatan ini ditempatkan
di wisata dalam kabupaten Jombang, sedang pada semester genap (kedua)
ditempatkan pada lokasi perkemahan yang berada di luar kabupaten Jombang.
3)
Waktu melakukan kegiatan ini adalah minimal 2 hari
maksimal 5 hari
4)
Kegiatan yang dapat dimasukkan pada kegiatan ini adalah:
·
Kegiatan Bakti Masyarakat
·
Kegiatan Kemah Wisata (Jambore)
·
Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)
·
Kegiatan Lomba Tingkat I
·
Kegiatan Pengembaraan atau Kemah Beranting
·
Gladian Pemimpin Regu
4.
Laporan Rutin Ke Kwartir Ranting
a.
Kegiatan ini dilakukan pada tiap bulan
b.
Hal-hal yang dilaporkan adalah keadaan gugus depan yang
meliputi keanggota gugus depan dan kegiatan yang telah dilakukan gugus depan
pada kurun waktu tertentu.
5.
Kegiatan Insidental
a.
Kegiatan ini dilakukan diluar program yang tidak
mengikat
b.
Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan situasi, kondisi
dan kebutuhan
c.
Macam kegiatan dalam kegiatan ini adalah
·
Kegiatan kunjungan ke anggota gugus depan karena
sakit, bela sungkawa atau kegiatan lain (berdasar undangan)
·
Mengikuti kegiatan yang berasal dari luar gugus
depan (Kwaran, Kwarcab, Kwarda, Kwarnas dan gudep lain)
D. Silabus Kegiatan
SILABUS DAN MATERI KEGIATAN PRAMUKA
PENGGALANG RAMU
GUGUS DEPAN ...................
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Kegiatan
|
1
|
1.
Memahami sejarah singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan
pramuka dalam segala aspek kehidupan
|
1.1
Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia
|
1.1
Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia
|
Sejarah
kepramukaan dan kode kehormatan Pramuka
|
1.2
Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia
|
1.2
Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia
|
|
||
1.3 Mengetahui
dan mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan
keluarga, sekolah & masyarakat
|
1.3
Menghafalkan Dwi Satya Pramuka dan Dasa Dharma
|
Dasa
Dharma dan Trisatya
|
||
1.4
Mengamalkan Dwi Satya Pramuka dalam kehidupan keluarga , sekolah dan
masyarakat
|
|
|||
2
|
2.
Memahami makna PBB serta manfaat PBB dalam pendidikan kepramukaan serta mampu
mengimplementasikan dalam upacara Penggalang
|
2.1
Memperagakan gerak lanjutdalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri,
balik kanan / kiri)
|
2.1
Memperagakan gerak dasar dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/kiri, balik
kanan/kiri)
|
PBB dan Latihan
Upacara
|
2.2
Memperagakan upacaraPenggalang di lapangan
|
2.2
Memperagakan upacara Penggalang di lapangan
|
|
||
3
|
3.
Memahami macam-macam SANDI dan mengetahui fungsi bendera semaphore
|
3.1
Mengetahui macam-macam SANDI
|
3.1
Mengetahui macam-macam SANDI
|
Huruf SANDI
|
3.2 Mengetahui
fungsi bendera Semaphore
|
3.2
Mengetahui fungsi bendera Semaphore
|
Semaphore
|
||
3.3
Memperagakan bendera semaphore dengan benar
|
3.3
Memperagakan bendera semaphore dengan benar
|
|
||
4
|
4.
Memahami manfaat kegunaan kompas dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1
Menggunakan pedoman kompas dengan benar
|
4.1
Menggunakan pedoman kompas dengan benar
|
Pedoman kompas
|
5
|
5.
Memahami penggunaan tali, cara mendirikan tenda dan berkemah
|
5.1 Membuat
macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat
|
5.1
Mengetahui macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat
|
Tali temali,
cara mendirikan tenda, dan berkemah
|
5.2
Membuat tandu dan kaki tiga
|
5.2
Membuat tandu dan kaki tiga
|
|
||
5.3
Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda
|
5.3
Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda
|
|
||
6
|
6.
Memahami arti dan manfaat api unggun dalam kepramukaan
|
6.1
Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah
|
6.1
Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah
|
Api unggun
|
6.2
Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah
|
6.2
Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah
|
|
||
7
|
7.
Memahami resep dasar memasak
|
7.1
Membuat resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana
|
7.1
Membuat resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana
|
Tata boga
|
7.2
Latihan memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk)
|
7.2
Latihan memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk)
|
|
||
8
|
8.
Memahami cara membuat hasta karya
|
8.1
Membuat kerajinan dari jerami / dedaunan (atap gubug)
|
8.1
Membuat kerajinan dari jerami/dedaunan (atap gubug)
|
Hasta karya
Pramuka
|
8.2
Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas
|
8.2
Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas
|
|
||
9
|
9.
Memahami lambang gerakan pramuka serta tata struktur organisasi pramuka
|
9.1
Mengetahui lambang gerakan pramuka
|
9.1
Mengetahui lambang gerakan pramuka
|
Lambang Gerakan
Pramuka dan struktur kepramukaan
|
9.2
Mengetahui definisi struktur organisasi pramuka sekolah
|
9.2
Mengetahui definisi dan struktur organisasi pramuka sekolah
|
|
||
9.3
Membentuk kepengurusan regu
|
9.3
Membentuk kepengurusan regu
|
|
||
10
|
10.
Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka
|
10.1 Mengetahui
arti musyawarah secara sederhana
|
10.1
Mengetahui arti musyawarah dan mufakat secara sederhana
|
Musyawarah dan
mufakat Pramuka
|
|
|
10.2 Bermusyawa
rah membuat jadwal latihan lanjut
|
10.2
Bermusyawarah membuat jadwal latihan lanjut
|
|
11
|
11.
Memahami tanda-tanda jejak peta dalam kepramukaan
|
11.1 Mengetahui
berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
11.1
Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
Mencari jejak
dan penggunaan peta
|
11.2
Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
11.2
Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
|
||
12
|
12.
Memahami definisi dan praktek P3K
|
12.1 Mengetahui
arti P3K
|
12.1
Mengetahui arti P3K
|
P3K
|
12.2 Mengetahui
cara dalam praktek P3K
|
12.2
Mengetahui cara praktek P3K
|
|
||
12.3 Memperagakan
P3K dan PPSD
|
12.2
Memperagakan P3K dan PPGD
|
|
||
13
|
13.
Memahami definisi jelajah alam dan out bound
|
13.1 Mengetahui
pengertian dasar jelajah alam dan outbond
|
13.1
Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan out bound
|
Jelajah alam
dan out bout
|
13.2 Mengetahui
macam-macam jenis out bound
|
13.2
Mengetahui macam-macam jenis outbound
|
|
||
13.3 Jelajah
alam dan out bound sederhana
|
13.3
Jelajah alam dan out bout sederhana
|
|
||
14
|
14.
Memahami macam-macam lagu wajib dan lagu daerah.
|
14.1 Mengetahui
macam- macam lagu wajib dan lagu daerah
|
14.1
Mengetahui macam-macam lagu wajib dan lagu daerah
|
Lagu-lagu wajib
dan daerah
|
14.2
Menyanyikan lagu wajib dan daerah dengan lafal dan intonasi yang benar
|
14.2
Menyanyikan lagu wajib dan salh satu lagu daerah dengan lafal dan intonasi
yang benar
|
|
||
15
|
15.
Memahami makna bakti karya Penggalang.
|
15.1 Mengetahui
makna bakti karya Penggalang
|
15.1
Mengetahui makna bakti karya Penggalang
|
Bakti karya
|
15.2 Bakti
karya Penggalang untuk desa
|
15.2
Bakti karya penggalang untuk masyarakat pegunungan
|
|
SILABUS KEGIATAN PRAMUKA PENGGALANG
RAKIT
GUGUS DEPAN ...................
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi
|
1. Memahami sejarah singkat
berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan pramuka dalam segala aspek
kehidupan
|
1.1 Mengetahui sejarah
singkat pramuka dunia
|
* Menyebutkan tokoh pramuka dunia
|
Sejarah
Kepramukaan dan kode kehormatan Pramuka
|
* Menyebutkan
organisasi pramuka dunia
|
|||
1.2 Mengetahui sejarah
singkat pramuka di Indonesia
|
Menjelaskan Sejarah singkat pramuka di
Indonesia
|
||
* Menyebutkan tokoh
pramuka Indonesia
|
|||
1.3 Mengetahui dan
mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan keluarga,
sekolah & masyarakat
|
* Menjelaskan
isiTri Satya dan Dasa Dharma Pramuka
|
Dasa Dharma dan
Trisatya
|
|
* Menerapkan isi Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka
|
|||
2. Memahami makna PBB serta
manfaat PBB dalam pendi- dikan kepramuka an serta mampu mengimplementasikan
dalam upacaraPENGGALANG
|
2.1 Memperagakan
gerak lanjut dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri, balik kanan /
kiri)
|
* Latihan PBB dasar
|
PBB dan Latihan
Upacara
|
2.2 Memperagakan
upacaraPenggalang di lapangan
|
* Latihan sikap
sempurna sampai gerak jalan
|
||
* Menulis
langkah-langkah upacara
|
|||
* UpacaraPenggalang
|
|||
3. Memahami macam- macam
SANDI dan mengetahui fungsi bendera Semaphore
|
3.1 Mengetahui macam-macam
SANDI
|
* Mengungkapan Isi
suatu SANDI
|
SANDI dan SEMAPHORE
|
3.2 Mengetahui fungsi
bendera Semaphore
|
* Menyebutkan
fungsi SANDI dan semaphore
|
||
3.3 Memperagakan bendera
semaphore dengan benar
|
* Memperagakan bendera
Semaphore
|
||
4. Memahami kegunaan kompas dalam
kehidupan sehari-hari
|
4.1 Menggunakan pedoman
kompas dengan benar
|
* Menggunakan pedoman
kompas dalam berkemah
|
Pedoman Kompas
|
5. Memahami penggu naan tali,
cara mendirikan tenda dan berkemah
|
5.1 Membuat macam-macam
simpul tali dan menyambung tongkat
|
* Membuat beragam
simpul tali
|
Tali temali,
cara mendirikan tenda, dan berkemah
|
5.2 Membuat tandu dan kaki
tiga
|
* Menyambung tongkat
|
||
5.3 Mengetahui cara dan
praktek mendirikan tenda
|
* Membuat tandu
|
||
* Membuat kaki 3
|
|||
* Menyebutkan cara
mendirikan tenda
|
|||
* Mendirikan tenda
|
|||
6. Memahami arti dan manfaat api
unggun dalam ke pramukaan
|
6.1 Mengetahui bentuk dan
kegunaan api unggun dalam berkemah
|
* Menyebutkan kegunaan
api unggun
|
Api unggun
|
6.2 Membuat miniatur api
unggun di lapangan sekolah
|
* Membuat miniatur api
unggun di SD
|
||
7. Memahami resep dasar memasak
|
7.1 Membuat resep / bumbu
masakan / rujak-an sederhana
|
* Membuat resep rujak
an dan sayuran
|
Tata Boga
|
7.2 Latihan memasak
tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk)
|
* Memasak sayuran dan
membuat lauk pauk
|
||
8. Memahami cara membuat hasta
karya
|
8.1 Membuat kerajinan dari
jerami / dedaunan (atap gubug)
|
* Membuat anyaman atap
gubug
|
Hasta karya
Pramuka
|
8.2 Membuat kerajinan dari
alam sekitar / barang bekas
|
* Membaut sendal kayu
|
||
9. Memahami lambang gerakan
pramuka serta tata struktur organisasi kepramukaan
|
9.1 Mengetahui lambang
gerakan pramuka
|
* Menjelaskan arti
lambang pramuka
|
Lambang gerakan
pramuka dan struktur kepramukaan
|
9.2 Mengetahui definisi
struktur organisasi pramuka sekolah
|
* Menjelaskan arti
struktur organisasi pramuka
|
||
9.3 Membentuk kepengurusan
regu
|
* Membuat pengurus
regu
|
||
10.
Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka
|
10.1 Mengetahui arti musyawarah secara
sederhana
|
* Menjelaskan arti musyawarah
dan mufakat
|
Musyawarah
& mufakat pramuka
|
10.2 Bermusyawa rah membuat jadwal
latihan lanjut
|
* Bermusyawarah
membuat jadwal latihan
|
||
11. Memahami tanda- tanda
jejak peta dalam kepramukaan
|
11.1 Mengetahui berbagai tanda jejak dan
peta dalam kepramukaan
|
* Membuat tanda jejak
dan peta penjelajahan
|
Mencari jejak
dan penggunaan peta
|
11.2 Menggunakan tanda jejak dan peta
dalam kepramukaan
|
* Menggunakan tanda
jejak dan peta jelajah
|
||
12. Memahami definisi dan praktek
P3K
|
12.1 Mengetahui arti P3K
|
* Menjelaskan arti P3K
|
P3K
|
12.2 Mengetahui cara dalam praktek P3K
|
* Menyebutkan cara
praktik P3K
|
||
12.3 Memperagakan P3K dan PPSD
|
* Praktik PPGD/P3K
|
||
13. Memahami definisi jelajah alam
dan outbond
|
13.1 Mengetahui pengertian dasar jelajah
alam dan outbond
|
* Menjelaskan arti
jelajah alam & out bound
|
Jelajah alam
dan outbound
|
13.2 Mengetahui macam-macam jenis out
bound
|
* Menyebutkan macam-
macam jenis out bound
|
||
13.3 Jelajah alam dan out bound
sederhana
|
* Penjelajahan dan out
bound
|
||
14. Memahami macam-macam lagu
wajib dan lagu daerah.
|
14.1 Mengetahui macam- macam lagu wajib
dan lagu daerah
|
* Menyebutkan macam-
macam lagu wajib dan daerah
|
Lagu -
lagu wajib dan daerah
|
14.2 Menyanyikan lagu wajib dan daerah
dengan lafal dan intonasi yang benar
|
* Menyanyikan lagu
Indonesia Raya
|
||
* Menyanyikan 2 lagu
daerah
|
|||
15. Mengetahui makna bakti karya
penggalang
|
15.1 Mengetahui makna bakti karya
Penggalang
|
* Menjelaskan arti dan
tujuan Bakti Karya Penggalang
|
Bakti Karya PENGGALANG
|
15.2 Bakti karya Penggalang untuk desa
|
* Bakti karya
penggalang untuk masyarakat pegunungan
|
SILABUS KEGIATAN PRAMUKA PENGGALANG TERAP
GUGUS DEPAN ...................
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi
|
1. Memahami sejarah singkat
berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan pramuka dalam segala aspek
kehidupan
|
1.1 Mengetahui sejarah
singkat pramuka dunia
|
* Menganalis nilai-nilai perjuangan para tokoh
pramuka dunia
|
Sejarah
Kepramukaan dan kode kehormatan Pramuka
|
* Menganalisis peran
organisasi pramuka dunia
|
|||
1.2 Mengetahui sejarah
singkat pramuka di Indonesia
|
Mendeskripsikan sejatah pramuka
Indonesia
|
||
Mengidentifikasi nilai-nilai kepramukaan
pada tokoh pramuka Indonesia
|
|||
1.3 Mengetahui dan
mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan keluarga,
sekolah & masyarakat
|
Menganalisis
isi Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka
|
Dasa Dharma dan
Trisatya
|
|
Memberikan
contoh penerapan isi Trisatya dan Dasa
Dharma Pramuka
|
|||
2. Memahami makna PBB serta
manfaat PBB dalam pendi- dikan kepramuka an serta mampu mengimplementasikan
dalam upacaraPENGGALANG
|
2.1 Memperagakan
gerak lanjut dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri, balik kanan /
kiri)
|
* Latihan PBB lanjutan
|
PBB dan Latihan
Upacara
|
2.2 Memperagakan upacara Penggalang di
lapangan
|
* Menulis
langkah-langkah upacara
|
||
* Latihan petugas
upacra
|
|||
* Mempraktekan
UpacaraPenggalag
|
|||
3. Memahami macam- macam
SANDI dan mengetahui fungsi bendera Semaphore
|
3.1 Mengetahui macam-macam
SANDI
|
* Membuatu contoh SANDI
|
SANDI dan SEMAPHORE
|
3.2 Mengetahui fungsi
bendera Semaphore
|
* Menganalisis
kegunaan SANDI dan semaphore
|
||
3.3 Memperagakan bendera
semaphore dengan benar
|
* Memperagakan bendera
Semaphore
|
||
4. Memahami kegunaan kompas dalam
kehidupan sehari-hari
|
4.1 Menggunakan pedoman
kompas dengan benar
|
Melatih penghitungan dan pengukuran arah
yang dituju.
|
Pemnfaatan
Kompas
|
5. Memahami penggu naan tali,
cara mendirikan tenda dan berkemah
|
5.1 Membuat macam-macam
simpul tali dan menyambung tongkat
|
Mengetahui pembuatn Tandu-Tali
Temali.
|
Tali temali,
cara mendirikan tenda, dan berkemah
|
5.2 Membuat tandu dan kaki
tiga
|
Membuat tandu
|
||
5.3 Mengetahui cara dan
praktek mendirikan tenda
|
Mendirikan tenda
|
||
6. Memahami arti dan manfaat api
unggun dalam ke pramukaan
|
6.1 Mengetahui bentuk dan
kegunaan api unggun dalam berkemah
|
* Menganalisis manfaat
api unggun
|
Api unggun
|
6.2 Membuat miniatur api
unggun di lapangan sekolah
|
* Membuat miniatur api
unggun
|
||
7. Memahami resep dasar memasak
|
7.1 Membuat resep makanan
ringan
|
* Membuat resep makanan
ringan
|
Tata Boga
|
7.2 Latihan memasak
tingkat lanjut (membuat makanan ringan)
|
* Membuat atau memasak
makanan ringan
|
||
8. Memahami cara membuat hasta
karya
|
8.1 Membuat kerajinan dari
jerami / dedaunan (atap gubug)
|
Mampu mengembangkan kreativitas secara
mandiri atau beregu.
|
Hasta karya
Pramuka
|
8.2 Membuat kerajinan dari
alam sekitar / barang bekas
|
Membauat kerajinan tangan secara mandiri
dan beregu
|
||
9. Memahami lambang gerakan
pramuka serta tata struktur organisasi kepramukaan
|
9.1 Mengetahui lambang
gerakan pramuka
|
* Menjelaskan arti
lambang pramuka
|
Lambang gerakan
pramuka dan struktur kepramukaan
|
9.2 Mengetahui definisi
struktur organisasi pramuka sekolah
|
* Menjelaskan arti
struktur organisasi pramuka
|
||
9.3 Membentuk kepengurusan
regu
|
* Membuat pengurus
regu
|
||
10.
Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka
|
10.1 Mengetahui arti musyawarah secara
sederhana
|
* Mengindentifikasi
nilai-nilai musyawarah dan mufakat
|
Musyawarah
& mufakat pramuka
|
10.2 Bermusyawa rah membuat jadwal
latihan lanjut
|
* Mempraktekan
kegiatan musyawarah
|
||
11. Memahami tanda- tanda
jejak peta dalam kepramukaan
|
11.1 Mengetahui berbagai tanda jejak dan
peta dalam kepramukaan
|
Membaca peta
medan di atas kertas dan dapat mengukur ketinggian yang akan dituju.
|
Panorama
|
11.2 Menggunakan tanda jejak dan peta
dalam kepramukaan
|
* Mampu membuat dan
memindahkan medan ke dalam secarik kertas menjadi sebuah peta
|
Peta-Pita
|
|
12. Memahami definisi dan praktek
P3K
|
12.1 Mengetahui arti P3K
|
* Mengetahui obat yang
akan diberikan kepada rekan yang luka ringan.
|
P3K
|
12.2 Mengetahui cara dalam praktek P3K
|
* Mengetahui cara
penggunaan obat yang akan diberikan kepada rekan yang luka ringan.
|
||
12.3 Memperagakan P3K dan PPSD
|
* Praktik PPGD/P3K
|
||
13. Memahami definisi jelajah alam
dan outbond
|
13.1 Mengetahui pengertian dasar jelajah
alam dan outbond
|
* Menjelaskan arti
jelajah alam & out bound
|
Jelajah alam
dan outbound
|
13.2 Mengetahui macam-macam jenis out
bound
|
* Menyebutkan macam-
macam jenis out bound
|
||
13.3 Jelajah alam dan out bound
sederhana
|
* Penjelajahan dan out
bound
|
||
14. Memahami macam-macam lagu
wajib dan lagu daerah.
|
14.1 Mengetahui macam- macam lagu wajib
dan lagu daerah
|
* Menyebutkan macam-
macam lagu wajib dan daerah
|
Lagu -
lagu wajib dan daerah
|
14.2 Menyanyikan lagu wajib dan daerah
dengan lafal dan intonasi yang benar
|
* Menyanyikan lagu
Indonesia Raya
|
||
* Menyanyikan 3 lagu daerah
|
|||
15. Mengetahui makna bakti karya
penggalang
|
15.1 Mengetahui makna bakti karya
Penggalang
|
* Menganalisis arti
dan tujuan Bakti Karya Penggalang
|
Bakti Karya
PENGGALANG
|
15.2 Bakti karya Penggalang untuk desa
|
* Bakti karya
penggalang untuk masyarakat pedesaan
|
BAB III
ORGANISASI DAN TATA KELOLA
A. Susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan
Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) disusun berdasarkan
jabatan dinas di suatu gugus depan. Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus)
terdiri dari unsur pejabat di sekolah tempat gugus depan tersebut berada.
Adapun susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan dapat dibarkan sebagai berikut :
1.
Ketua : (Kepala
Sekolah)
2.
Anggota : (Wakil
Kepala Sekolah)
3.
Anggota : (
Pembina OSIS)
4.
Anggota : (Guru)
5.
Anggota :
(Pembina
Harian Putra)
6.
Anggota : (Pembina
Harian Putri)
B. Susunan Pengurus Dewan Kerja Penggalang
Dewan Kerja Penggalang pada prinsipnya adalah dewan kerja
gugus depan yang bertugas melaksanakan kegiatan kepramukaan di lingkungan gugus
depan. Dewan kerja bertugas membantu pembina pramuka dalam menjalankan
aktivitas kepramukaan. Disamping itu Dewan Kerja Penggalang juga berfungsi
panitia kegiatan untuk kegiatan-kegiatan kepramukaan yang bersifat kecil,
mendadak, atau rutin. Sedang untuk kegiatan yang bersifat besar atau insidental
dibentuk panitia kegiatan tersendiri.
Unsur yang membentuk Dewan Kerja Penggalang terdiri dari
pemimpin regu utama (pratama), pemimpin regu (pinru) dan wakil pemimpin regu
(wapinru), serta anggota pramuka yang dianggap cakap. Adapun susunan pengurus Dewan
Kerja Penggalang Gudep Tulis nama
pangkalan atau nama sekolah...... sebagai berikut:
1.
Ketua : (kelas
)
2.
Wakil Ketua : (kelas
)
3.
Sekretaris I : (kelas
)
4.
Sekretaris II : (kelas
)
5.
Bendahara I : (kelas
)
6.
Bendahara II : (kelas
)
7.
Seksi-Seksi :
a.
Bidang Kegiatan dan Operasional Teknik Kepramukaan
(Giatoptekpram):
1.
(kelas
)
2.
(kelas
)
3.
(kelas
)
4.
(kelas
)
b.
Bidang Adminsitrasi dan Organisasi
1.
(kelas
)
2.
(kelas
)
3.
((kelas)
4.
((kelas)
c.
Bidang Hubungan Masyarakat
1.
(kelas
)
2.
(kelas
)
3.
(kelas
)
4.
(kelas
)
C. Dewan Kehormatan Penggalang
Dewan Kehormatan Penggalang terdiri atas anggota pramuka yang
sudah mencapai Terap dan sudah kelas III. Dewan Kehormatan bekerja jika
diperlukan dalam kegiatan insidental. Dewan Kehormatan Penggalang mempunyai
tugas memberikan masukan, saran atau nasehat serta membantu pembina dalam
memberikan penilaian terhadap kinerja Dewan Kerja Penggalang. Adapun susunan
Dewan Kehormatan Penggalang adalah :
1.
Ketua :
2.
Anggota :
3.
Anggota :
4.
Anggota :
5.
Anggota :
6.
Anggota :
D. Struktur Organisasi Gudep
![]() |
E. Pengelompokkan Peserta
/ Anggota
Peserta kegiatan
ekstrakurikuler Pramuka dikelompok dalam 3 kolompok yakni 1) Kelompok Penggalang Ramu; 2) Kelompok
Penggalang Rakit; 3) Kelompok Penggalang Terap,
Dengan ketentuan sbb:
1)
Peserta
didik yang belum pernah mengikuti pelantikan penggalang Ramu saat di Sekola
Dasar, masuk dalam kelompok Penggalang Ramu.
2)
Peserta
didik yang telah mengikuti pelatikan penggalang Ramu, penggalang Rakit, maupun Penggalang
terap (dibuktikan dengan SKU) pada saat di Sekolah Dasar dimasukkan dalam
kelompok Penggalang Rakit.
3)
Kelompok
Penggalang Terap, hanya diperuntukan
bagi peserta didik yang telah mengikuti pelatikan penggalang Rakit pada
saat ia telah menjadi siswa SMP.
Untuk keperluan
tersebut dibutuhkan minimal 3 orang Pembina. Namun apabila diberlakukan
kelas/kelompok terpisah (pa/pi), dibutuhkan minimal 6 orang Pembina.
F. Pelaksanaan Latihan
/ Kegiatan
1.
Pelaksanaan kegiatan latihan rutin dilakukan di sekolah satu minggu satu kali.
2.
Pelaksanaan latihan lebih difokuskan pada kegiatan praktek dan tetap
memperhatikan ketertiban dan keamanan, berupa kegiatan nyata yang memberi
kesempatan kepada peserta didik menerapkan pengetahuan dan kecakapan yang
sesuai dengan usia.
3.
Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara praktis yaitu : sederhana, mudah,
memanfaatkan sumberdaya yang ada dan menghemat biaya tetapi berhasil guna dan
tepat guna.
4.
Setiap Pembina pramuka wajib membuat Program Tahunan, Program Semester
dan Rencana PelaksanaanKegiatan (RPK)
G. Penilaian Kegiatan Pramuka
Penilaian Pendidikan Kepramukaan
mencakup hal-hal sebagai berikut:
1)
Penilaian dilakukan lebih banyak secara kualitatif.
2)
Peserta didik diwajibkan
untuk mendapatka nnilai minimal
baik pada kegiatan ekstrakurikuler wajib
pada setiap semester.
3)
Nilai yang diperoleh pada
kegiatan Ekstrakurikuler Wajib Kepramukaan berpengaruh terhadap
kenaikan kelas peserta didik.
4)
Apabila Nilai di bawah baik dalam dua
semester atau satu
tahun namun berdasarkan keputusan rapat guru akan dinaikan, peserta
didik yang bersangkutan harus mengikuti
program khusus yang
diselenggarakan bagi mereka (Modifikasi Prilaku)
5)
Kriteria keberhasilan kompetensi
lebih ditentukan oleh proses dan keikutsertaan peserta didik.
6)
Proses penilaian dilaksanakan setiap kali latihan dan setiap hari di
dalam proses pelatihan pramuka.
7)
Proses penilaian dilaksanakan
dengan metode Observasi dan Partisipasi.
8)
Proses penilaian Keterampilan
Kepramukaan disesuaikan
dengan Kompetensi Dasar
dari masing-masing Tema
dan Matapelajaran. sebagai penguatan
yang bermuatan Nilai Sikap
dan Keterampilan dalam Kurikulum 2013.
9)
Proses Penilaian dilakukan
oleh Teman, Guru
Kelas/Guru Matapelajaran,
Pemangku Kegiatan dan/atau
Pembina Pramuka.
10) Pelaporan nilai
dituangkan dalam bentuk deskripstif dengan mengacu kriteria.
BAB IV
PENUTUP
Demikian
program kerja Gugus Depan Pangkalan Tulis
nama pangkalan atau nama sekolah...... tersusun, dengan harapan dapat menjadi
acuan bagi gerak dan kerja pramuka di gugus depan. Disamping itu program kerja
ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi sekolah dalam menentukan kebijakan
yang berhubungan dengan kegiatan kepramukaan pada Tulis nama pangkalan atau
nama sekolah.......
Perlu
disadari bahwa dalam penyusunan program kerja ini masih jauh dari kesempurnaan.
Oleh sebab itu saran dan kritik sangat diharapkan demi perbaikan dan
penyempurnaan program kerja ini. Akhirnya semoga program kerja ini dapat
bermanfaat bagi semua.
Comments
Post a Comment